Pingates NASATEKNIK76: WATER LEVEL CONTROL

Sabtu, 24 September 2011

WATER LEVEL CONTROL





Ayo kita membuat aplikasi sederhana untuk control level air sederhana di tangki! Tujuannya untuk menjaga keberadaan air pada level tertentu dengan mengatur ON/OFF pompa air. Bagian terpenting adalah controller dengan menggunakan OMRON 61-FG (saat ini Rp 150rb an) lengkap dengan sensor (digunakan kawat, sebaiknya yang anti karat/ stainlesteel) , dan tentu saja pompa.

Gambar disamping adalah unit control dan sensornya. Sedangkan dibawahnya adalah gambar terminal yang ada pada unit control. Pertama adalah terminal S0, S1 dan S2 sebagai terminal power supply. S0 sebagai common dan jika supply dengan tegangan 110 VAC disambung ke S1 dan untuk tegangan 220 VAC ke S2. Berikutnya adalah terminal kontak output relay yaitu Ta, Tb, dan Tc. Terminal ini adalah output dry contact (relay) sehingga dipergunakan untuk memerintah pompa agar ON/OFF. Kemudian terminal E1, E2 dan E3 dipergunakan untuk sensor ke air. Urutan harus sesuai dengan gambar yaitu E1 yang paling atas dan seterusnya, jangan dibolak balik. Material sensor hanya konduktor biasa tetapi yang tahan korosi karena dicelupke air. Oh..ya untuk posisi E3 bisa dililitkan pada nepel tandon bagian bawah yang terbuat dari besi, atao kalau pipanya dari besi ya tinggal tempel disitu aja.
Setelah merangkai sensor dengan controller berikutnya adalah menyambung ke power pompa. Salah satu power bagian (phase/ masa) diputus dan setiap ujungnya disambung ke Tc dan Ta. Dengan demikian unit control siap bekerja. Untuk pengetesan hubung singkat E1, E2 dan E3, pompa harus OFF. Kemudian lepas E1 pompa tetap OFF, lepas E2 pompa harus ON. Selanjutnya proses pengisian, Sambung E3 dengan E2 pompa tetap ON, sambungkan keduanya dengan E1 pompa harus OFF.
Agar controller lebih tahan lama sebaiknya diberikan relay back-up bisa type LY (Rp 30rb an). Ini agar relay output controller tidak terkena beban secara langsung. Oke selamat mencoba. !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar